Polda Maluku mendapatkan Piagam Rekor MURI Minum Jus Pala Sebanyak 16.076 Botol

Ambon,Lensa Publik,- Bua pala merupakan sala satu jenis bua yang bisa di gunakan menjadi bumbu rempah untuk menamba citra rasa masakan atau olahan daging.

Bua yang bernama latin, Myristica Faragrans Houtt ini merupakan salah satu jenis bua yang di gemari oleh seluruh orang di dunia. Sekitar tahun 1.000 Masehi, Ibnu Sina mendeskripsikan bua pala sebagai ‘jenis ban’ atau biji Banda masyarakat Arab kala itu, mengunakan bua pala sebagai barang barter, yang akirnya membawa bua pala ke Vanesia yang di jadikan bumbu persa atau olahan makanan yang lezat bagi para bangsawan kala itu.

Dari situlah buah pala di kenal masyarkat lokal bahkan manca negara,
Bau pala telah di budiya masyarkat Maluku sebagai tanaman umur panjang sepanjang masa
Sabtu, (25/06/2022).

Kepolisian Daerah Maluku berhasil memecahkan rekor MURI jus pala terbanyak. Sebanyak, 16.076 botol kegiatan itu di gelar pada beberapa satuan di Maluku seperti Polresta PP Ambon & PP Lease sebanyak 2022 botol jus pala, Polresta Maluku Tengah sebanyak, 2000 jus pala, Polresta Seram Bagian Barat (SBB) sebanyak, 1222 botol jus pala, Polresta Seram Bagian Timur (SBT) sebanyak, 1222 botol jus pala, Polresta Kepulauan Aru, sebanyak, 1822 botol jus pala, Polresta Tual Maluku Tenggara sebanyak, 1822 botol jus pala, Polresta Pulau Buru sebanyak, 1800 botol jus pala, Polreta Buru Selatan sebanyak, 600 botol jus pala, Polda Maluku Lapangan Tahapari sebanyak,1500 botol jus pala.

Kegiatan ini, di selenggarakan untuk memperingati HUT Bhayangkara ke – 76.
Pembukaan Rekor MURI di Kordinir langsung oleh Kapolda Maluku Irjen Pol Drs Lotharia Latif SH., M., Hum di dampingi Yusuf Ngadri dari MURI.
Di hadiri Gubernur Maluku Irjen Pol Drs Murad Ismil dan forum pimpinan Daerah Provinsi Maluku.

Kegiatan minum jus pala terbanyak sepanjang sejarah dunia ini, merupakan kegiatan bersejarah bagi Kepolisan Daerah Maluku yang mana telah melakukannya dengan rasa bangga.

Kapolda Maluku Irjen Pol Drs Lotharia Latif dalam sambutanya mengatakan, “pemecahan rekor MURI minum jus pala terbanyak di Indonesia bahkan dunia berjumlah 16.076
hari ini kata Latif, kita menunjukan bahwa Maluku melalui minum jus pala ini menciptakan kebahagiaan di Provinsi Maluku sebagai tanda memeringati HUT Bhayangkara ke 76.”

Kata Latif, Hari ini kami Polda Maluku mencoba mengangkat keunggulan pala yang sudah di kenal baik lokal maupun internasional
Polda Maluku berupaya memberikan subansi kepada Provinsi Maluku lewat pelaksanan minum jus pala terbanyak sepanjan sejarah dunia.

Sementra itu, Yusuf Ngadri dari MURI mengatakan, “bua pala merupakan bua yang berasal dari daerah Maluku yang sudah di kenal sejak bangsa Romawi sebagai komunitas perdagangan yang tinggi antar bangsa sehingga Banda di kenal sebagai fatalitator sejara Nusantara maupun dunia hari ini minum jus pala telah tercatat oleh museum dunia Indonesia sebagai rekor dunia MURI”.

Sementara itu, Gubernur Maluku Irjen,. Pol,. Drs Murad Ismil dalam sambutnya mengatakan
“Saya atasnama pribadi dan seluruh masyarakat Maluku memberikan apersiasi yang luar biasa kepada Kapolda Maluku dan jajarnya yang selama ini membantu Maluku dalam masalah keamanan
Kata dia tugas Polisi untuk mengayong dan pelindung masyarkat”.

Atas nama Pemerintah dan masyarkat Maluku Polda telah melakukan yang terbaik bagi masyarkat Maluku
Lanjutnya Polda Maluku tak mau kalah dengan Pangdam XVl Pattimura yang telah mengadakan Makan papeda terpanjang sepanjang sejarah di dunia
saya terimah kasih kepada rekor MURI yang telah datang dan memberikan rekor MURI kepada Polda Maluku dan jajaran hal ini merupakan salah satu kebanggaan bagi Polda Maluku dan juga masyarakat Maluku terangnya.

Penyerahan rekor MURI piagam rekor dunia MURI dia berikan kepada Kapolda Maluku Irjen., Pol., Drs Lotharia Latif jajarannya serta Fokopimda dan masyarakat Maluku sekian.

Edy Mehlidan Lensa Publik