Pembangunan Fisik Masih Utama Dalam Usulan Musrenbang Tahun 2025 Kecamatan Sukmajaya

Depok, lensapublik.com Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Supian Suri menghadiri sekaligus membuka secara resmi kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Sukmajaya Tahun 2025 di Jakarta Global University (JGU), Senin (29/01/24).

Dalam sambutannya, Supian Suri mengatakan kepada aparatur kecamatan untuk benar-benar memahami perencanaan pembangunan pada Musrenbang, tentunya sesuai dengan apa yang menjadi usulan warga.

“Jangan sampai kegiatan Musrenbang ini hanya dianggap kegiatan seremonial saja, tetapi kita benar-benar maksimalkan dan prioritaskan sesuai kebutuhan warga,” ujarnya

Supian Suri yang akrab di sapa Bang SS mengungkapkan Kecamatan Sukmajaya memiliki Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tertinggi se-Kota Depok tahun 2023 yakni sebesar 88,03.

Maka dari itu, dirinya berharap bahwa Kecamatan Sukmajaya dapat membuktikan dengan kualitas pendidikan yang baik, kesehatan yang bagus serta Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang terus berkembang. Ia juga mengatakan bahwa pihaknya telah menyediakan berbagai fasilitas yang dapat mendukung potensi anak, seperti Taman Musik Depok (Tamude) serta sanggar yang terdapat di wilayah Kecamatan Sukmajaya.
Fasilitas tersebut tambahnya dapat digunakan oleh siapa pun, untuk mengembangkan potensi dan bakat anak dalam bidang seni dan olahraga.

“Terkait dengan Sumber Daya Manusia (SDM), kita butuh sekali menyiapkan fasilitas ke depan. Tidak boleh ada lagi yang putus sekolah, apa-apa yang dilakukan saat ini merupakan persiapan untuk menciptakan generasi emas di tahun 2045 , ” terangnya

“Ibarat rumah, Kecamatan Sukmajaya ini sudah sangat lengkap, tinggal poles sedikit jadi bagus lagi,” ujarnya

Sementara itu Camat Sukmajaya, Wiyana mengatakan pada tahun 2025 porsi pembangunan masih sama seperti tahun sebelumnya yang mengutamakan pembangunan fisik, ketimbang pembangunan non fisik di seluruh kelurahan yang ada di Kecamatan Sukmajaya.

“Karena memang pembangunan fisik belum tuntas terutama untuk fasilitas pelayanan di tiap Kelurahan yang ada di Kecamatan sukmajaya,” ungkapnya

Dikatakannya lagi, pembangunan fisik di Kecamatan Sukmajaya berfokus pada peningkatan sarana dan prasaran yang ada meliputi tiga pembangunan gedung kelurahan untuk tahun 2025.

“Jadi di tahun 2025 ada tiga kelurahan yang kemungkinan akan dibangun ada Kelurahan Baktijaya, Kelurahan Mekarjaya, dan kelurahan Sukmajaya. Sementara untuk tahun 2024 ini Kelurahan Tirtajaya akan dibangun,” jelasnya.

Ditambahkannya, mayoritas kelurahan yang ada di Kecamatan Sukmajaya mengusulkan pembangunan aspal dan drainase.

“Aspal dan drainase paling mendominasi karena banyak wilayah yang jalannya masih rusak dan banjir saat musim hujan tiba,” terang Wiyana.

* Lucia