Mahasiswa FISIP UNPATTI Gelar Aksi Peduli Lingkungan  Hidup se-Dunia

Ambon,Lensa Publik,- Memperingati Hari Lingkungan Hidup se dunia, yang jatu pada tanggal 05 Juni 2022 lalu

Puluhan Mahasiswa FISIP Universitas Pattimura (UNPATTI) Ambon melakukan aksi peduli lingkungan rilis yang di terima Wartawan Lensa Publik Pada Jumat, (10/06/2022 menyebutkan pembersian di lakukan oleh puluhan mahasiswa Rabu, 08 Juni 2022 lalu
tepat pukul 09.00-10.45 WIT , aksi itu di gelar pada lokasi lingkungan Kampus Universitas Pattimura Ambon.

Dengan Tema “Simak Kalesang lingkungan” hal itu, di inisiasi oleh Tim Pemenang calon ketua dan sekertaris BEM-FISIP Universitas Pattimura (UNPATTI) dengan nomor urut 01 dengan jargon Simak, aksi peduli lingkungan itu dimulai dari depan Kantin Pujasera (UNPATTI) Fakultas KIP, Perpustakaan Pusat (UNPATTI) hingga berakhir di sekitaran lingkungan Fakultas ISIP (UNPATTI).

Dalam aksi itu, calon ketua dan sekertaris BEM-FISIP masa bakti 2022-2023, Yermias P.Siwetiory dan Nur Samsya Makatita,
Serta melibatkan masa aksi lainnya. dalam Aksi tersebut masa aksi membawakan berbagai atribut yang bertulisan “Mari Jaga Lingkungan Demi Kebaikan Kita Bersama” dan atribut lainnya seperti kantung plastik, pamphlet.

Kantung plastik yang dibawa akan digunakan untuk mengisi sampah yang berhamburan di sepanjang jalanan maupun, dipinggir jalan serta lingkungan kampus yang masih kotor.

Ketua Tim Pemenang SIMAK, Jainudin Elang dalam orasinya menjelaskan kami melakukan aksi turun lapangan dengan Tema “simak kalesang lingkungan” serta membersikan sampah-sampah yang berhemburan di sepanjang lingkungan Kampus Universitas Pattimura (UNPATTI) untuk memperingati momentum hari Lingkungan Hidup se dunia pada tanggal 05 juni 2022.

yang terpenting pada aksi ini adalah “membangun kesadaran kolektif setiap warga kampus agar terus menjaga, merawat dan melestarikan lingkungan sekekitar setiap saat” terangnya.

Sementra itu,
Chaken Saiklela Mahasiswa saat berorasi menyampaikan “sebagai kaum intelektual mari sama-sama kita mecintai lingkungan dengan cara membuang sampah pada tempatnya, karena hanya dengan begitu lingkungan ini akan tetap terawat dan terjaga dengan baik. Karena lingkungan yang sehat akan berdampak juga pada kehidupan kita sehari -hari tutrnya.

Hal yang sama juga ditegaskan oleh orator aksi Hitinesi Nahatue ia menyebutkan sebagai mahasiswa kita mempunyai peranan penting untuk terus konsisten dalam mengkampanyekan isu-isu seputar ekologi dikarenakan isu lingkungan sudah menjadi permasalah global.

Olehnya itu, perlu disuarakan melalui aksi-aksi kecil semacam ini.
usai memungut sampah di lingkungan kampus masa aksi kemudian diarahkan oleh Tim Pemenang SIMAK untuk mengikuti penyampaian Visi dan Misi serta debat kandidat calon Ketua dan Sekertaris BEM-FISIP UNPATTI yang bertempat di Auditorium lt 3 FISIP UNPATTI Ambon.

Edy Mehlidan Lensa Publik