Pemkot Ambon Fasilitasi 165 Kuota Jamaah Haji Ambon.

Ambon,Lensa Publik,- Kuota calon jemaah haji tahun 2022 mencapai 165 kuota turun 50 persen dari tahun – tahun sebelumnya 3000 libeh kuota jemaah haji

Kabak Keara Pemerintah Kota Ambon (Pemkot) Ambon Fenly Masawoy saat di konfirmasi lewat via WhatsApp Sabtu, (11/06/2022)

ia menjelaskan, “kuota jemaah haji di tentukan secara nasional
di mana tahun ini, kuota jemaah haji untuk Kota Ambon sendiri turun 50 persen”

Selain itu umur jemaah haji di batasi dibawa 65 tahun ke bawa sesuai KTP yang telah di daftar secara sah.
Jadi untuk dua tahun ini, penyelanggara jemaah haji tak stabil oleh karena pandemi Covid-19 maka, di kurangi lagi menjadi 165 jemaah haji.

Kami, Pemerintah Kota Ambon (Pemkot) Ambon dan PPIH Provinsi Maluku telah melakukan rapat bersama guna membahas persoalan ini, serta menghasilkan beberapa gagasan terkait dengan kuota jemaah haji di Kota Ambon dan sekitarnya, terangnya.

Sala satu gagasan yang kita bahas adalah hal-hal yang nanti di persiapkan oleh Pemkot Ambon untuk para jemaah haji Embarkasi Makasar untuk nanti, di lanjutkan perjalanan menuju Mekah dan akan di lanjutkan Manasik haji pada 14 Juni 2022 mendatang terangnya.

Kata dia, penyelangaraan Manasik kami akan bersama – sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ambon untuk, untuk mengidukasi masyarakat sehat (Germas) untuk pemeriksaan kepastian kesehatan jemaah haji yang akan di berangkatkan ke Mekah terangnya.

“Tanggal 17 Juni nanti, akan di adakan pelepasan jemaah haji kami akan melibatkan Walikota Ambon Bodewin Wattimena serta kepala PPIH Provinsi Maluku yang mana akan menyerahkan donor bantuan uang saku kepada 165 Jemaah untuk perjalan nanti tandasnya”. Sebelum berangkat jemaah haji di wajibkana masuk asarama haji pada tanggal 22 – 23 Juni
soal biyaya akan di tanggulangi oleh Pemkot Ambon.

Kata dia, Sesuai jadwal keberangkatan jemaah haji Kota Ambon akan berangkat pada tanggal 24 Juni mendatang dari Kota Ambon ke Makasar untuk Embarkasi selanjutnya pada tanggal 25 akan melanjutkan perjalanan ke Mekah tuturnya.
Kami akan melakukan pendampingan serta fasilitasi ke 165 jemaah haji pulang pergi hingga tiba di Kota Ambon terangnya.

Edy Mehlidan Lensa Publik