Sentil Gubernur Maluku Haris Pertama di Kecam DPD KNPI Maluku bersama OKP Cipayung Se – Maluku

Maluku,- Lensa Publik.Com,- Aura kekompakan dan bersatunya pengurus Komite Nasional Pemuda Indonesia DPD KNPI Maluku. Hal ini dibuktikan dengan hadirnya 3 Ketua DPD KNPI Maluku untuk melebur menjadi satu.

Momentum ini dirasakan saat 3 ketua DPD KNPI menggagas Musyawarah Daerah Provinsi (Musdaprov) ke-14 KNPI Maluku di ruang rapat Dispora bersama Kadis Dispora Sandi Wattimena. Mereka adalah Faisal Sahitua, Alan Hehanusa, dan Umar Souwakil

Hadirnya 3 Ketua DPD KNPI beda versi itu tampaknya tak terlepas dari himbauan Gubernur Maluku Irjen. Pol. Purn. Murad Ismail yang menginginkan Pemuda Maluku satu tidak terpecah belah lagi.

Ditengah semangat untuk mempersatukan Pemuda justru mendapat tanggapan provokatif dari Haris Pertama yang mengaku sebagai Ketua Umum DPP walaupun tanpa legitimasi SK Kemenkumham.

“Saya mengingatkan kepada Bapak Murad Ismail bahwa KNPI ini mempunyai Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD-ART) sendiri dan KNPI ini bukanlah anak buah atau bagian struktural dari pemerintah Provinsi Maluku,” ucapnya dalam konten video Tik tok yang viral, Minggu, (16/10/2022)

Haris menambahkan bahwa Bapak Murad Ismail sebagai orang tua bagi pemuda ataupun masyarakat yang ada di Provinsi Maluku harusnya lebih bijaksana melihat semua masalah yang ada di tubuh KNPI itu sendiri serta jangan mencoba mengintervensi para pemuda yang lagi berjuang demi kebenaran.

Atas pernyataan provokatif tersebut mendapat respon keras dari DPD KNPI Maluku & OKP Cipayung Maluku ” Kami atas nama Pemuda Provinsi Maluku Utara yang tergabung dalam DPD KNPI dan OKP Cipayung Plus Maluku telah bersepakat untuk menyatukan Pemuda Maluku
harus menjadi satu telah menyatakan persatuan pemuda dan menjadi lebih baik lagi.

Faisal Sahitua, Ketua DPD KNPI Maluku mengecam, Maka hari ini Komite Nasional Pemuda Indonesia Maluku bersama-sama Cipayung Plus. ” Bung Haris Pertama kami harus menyampaikan kepada saudara, Anda tidak boleh menjadi provokator yang ingin memecah belah persatuan pemuda di Maluku. ucapnya dalam keterangan pers rilis di Hotel Hero Ambon , Minggu, (16/10/2022)

Faisal bersama 2 Ketua DPD KNPI lainnya juga dikawal OKP Cipayung Plus Maluku juga menghimbau seluruh Pemuda Maluku ” Mari kita bersatu untuk kemajuan bangsa Maluku. Mari kita buktikan semangat persatuan Jong Ambon. Kita bersuara untuk masa depan Pemuda dan kesejahteraan bangsa Maluku.

Banyak yang tidak suka lihat kita bersatu, kita sesama anak Maluku jangan mau dipecah belah oleh orang luar untuk kepentingan mereka. Sudah saatnya pemuda bersatu untuk suarakan kepentingan Maluku di Nasional.

Pada tanggal 28 Oktober 1928 lahirnya Sumpah Pemuda. Sumpah Pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia. Dan Jong Ambon adalah salah satu dari 5 Eksponen Pemuda Indonesia yang menggagas lahir sumpah pemuda pada saat itu, tutup Sahitua salah kader terbaik Alumni PMII Maluku.

(Liprent Kensa Publik)