KPU Kota Depok Lantik Serentak Anggota KPPS Sekota Depok

depok.lensapublik.com, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, hari ini melantik secara serentak 38.990 anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di 5.570 lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) se-Kota Depok.

Ketua KPU Kota Depok, Willi Sumarlin menjelaskan, setelah dilakukan pelantikan seluruh anggota KPPS akan mengikuti bimbingan teknis (bimtek) yang diberikan oleh KPU bersama Panitia Pemungutan Suara (PPS) terkait teknis-teknis pemungutan suara.

Seperti daftar pemilih yang dapat menggunakan hak pilihnya, tata cara pencoblosan surat suara, hingga cara penghitungan surat suara.

“Mudah-mudahan bimbingan teknis tersebut dapat membekali petugas KPPS sehingga dapat meminimalisir kesalahan pada saat bertugas,” kata Willi, usai melantik ribuan anggota KPPS Kelurahan Beji di Balai Rakyat Kecamatan Beji, Kamis (25/01/24).

Dikatakan Willi, pemilu kali ini berbeda dari penyelenggaraan pesta demokrasi sebelumnya hanya memberikan bimtek kepada beberapa anggota KPPS per TPS. Sebab, pada Pemilu 2024, seluruh anggota KPPS sebanyak tujuh orang di tiap TPS mendapatkan bimtek dari KPU. Bimtek itu, ujar dia, diadakan mulai dari 25 hingga 27 Januari 2024.

“Kalau tujuh orang ini dilatih ada kesempatan bagi mereka untuk saling mengingatkan pemahaman teknis dalam penyelenggaraan pemungutan, penghitungan suara di TPS,” tandas Willi.

Dini Lensa publik