Ini Paparan Kadis Citra Indah Yulianty Di Acara Renja DPUPR 2025

Depok, lensapublik.com.                                      Untuk memaksimalkan program kerja di tahun 2025, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok terus melakukan pembenahan. Diantaranya DPUPR memiliki lima isu strategis yang ditetapkan melalui Forum Rencana Kerja (Renja) Perangkat Daerah.

Kepala DPUPR Kota Depok Citra Indah Yulianty mengatakan, salah satu isu yang masih menjadi perbincangan yaitu terkait banjir. Di mana, permasalahan utamanya adalah drainase yang belum tertata dan terintegrasi serta kapasitas badan air yang menurun.

“Isu lainnya yaitu terkait kemacetan, meliputi kapasitas dan kualitas badan jalan, lebar dan geometri simpang yang tidak ideal dan fasilitas pejalan kaki yang masih terbatas,” kata Citra Indah Yulianty saat menggelar Forum Renja DPUPR Kota Depok, di Aula Kantor DPUPR, Jalan Raya Bogor, Selasa (27/02/2024), dengan tema ” Meningkatkan kesejahteraan; masyarakat melalui peningkatan daya saing daerah menuju Kota Depok yang maju, berbudaya dan sejahtera”.

Hadir dalam acara , Anggota komisi C DPRD Kota Depok Ir.Edi Sitorus,
kepala Bappeda Dadang Wihana , Staff Ahli Bina Marga dari Jabar ,Akadenisi ,serta Lembaga Non pemerintahan.

Dikatakan Citra, isu lainnya yaitu rendahnya akses sanitasi aman. Dengan masalah seperti masih ada Kepala Keluarga (KK) yang belum memiliki akses ke septictank.

Diterangkannya , sebagian besar septictank tidak kedap serta pengawasan dan pembinaan terhadap usaha sedot tinja yang belum maksimal.

“Kemudian, rendahnya akses aman air minum. Seperti, cakupan air perpipaan yang baru 17 persen, rendahnya upaya konservasi air dan hemat air,” jelasnya.

Dia menambahkan, terakhir penyelesaian regulasi tata ruang, meliputi Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dan Subpusat Pelayanan Kota (SPK). Serta regulasi insentif dan disinsentif pemanfaatan ruang.

“Kami telah menyiapkan langkah-langkah agar permasalahan tersebut dapat teratasi. Mudah-mudahan apa yang direncanakan dapat berjalan dengan baik di tahun 2025 mendatang,” pungkasnya.

Seperti diketahui , berdasarkan RPJMD tahun 2021-2026 Dinas PUPR melaksanakan Misi Kota Depok diantaranya : Meningkatkan pembangunan Infrastruktur berbasis technologi dan berwawasan lingkungan., Meningkatkan tata kelola pemerintahan dan pelayanan Publik yang modern dan Partisipatif. Dimana dalam acara tersebut Kadis PUPR Kota Depok memaparkan, untuk anggaran tahun 2025 Musrenbang tingkat kecamatan untuk PUPR serta usulan hasil Musrenbang Kecamatan untuk PUPR tahun 2025 perbidang.

Adapun usulan pembangunan dinas PUPR tahun anggaran 2025.

1. Jalan Nusantara Raya, kelurahan Depok Jaya,Kecamatan Pancoran Mas,

2. Jalan Dewi Sartika

3. Jalan masuk ke alun-alun kelurahan Sawangan lama,                                                         Kecamatan Sawangan dan kelurahan Bojongsari, kecamatan Bojongsari.

4. Jalan masuk GOR Pengasinan.                     Pihak DPUPR juga meminta maaf atas kinerjanya, terkait pembangunan Infrastruktur. Banyak yang menilai kinerja PUPR, namun berusaha melayani warga mulai dari pelayanan, mengatasi banjir, longsor , kemacetan, dan air bersih. Karena keterbatasan SDM dan anggarannya. Semoga bila ada anggarannya, akan prioritaskan bagi yang urgent ,terutama penanganan banjir, longsor, permasalahan perkotaan, sesuai dengan RPJMD dan RKPD akan di utamakan sesuai prioritas pembangunan

* Lc