Sekdisdik Apresiasi PWI Depok, Sukses Sebagai Pemateri MPLS Di 34 SMPN

Depok, lensapubliik.com,                                  Sekretaris Disdik Kota Depok Sutarno, didampingi M. Yusuf, selaku Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian SMP Disdik Kota Depok, mengungkapkan, bahwa proses penyelenggaraan materi pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) di 34 SMPN Depok, dinilai berlangsung sukses.

Adapun yang turut terlibat dalam pelaksanaan MPLS di Kota Depok, khususnya selaku pemateri MPLS, di SMPN tersebut, di antaranya, dari unsur TNI Polri, Badan Narkotika Nasional (BNN), Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), kejaksaan.

“Jadi, atas nama Disdik Kota Depok, menyampaikan terima kasih atas partisipasi PWI dan instansi terkait pada MPLS di semua SMPN. Selain itu, pihaknya juga menyambut baik gagasan ekstrakulikuler jurnalistik bagi para siswa,” ujar Sutarno saat jumpa dengan sejumlah anggota dan pengurus PWI Depok, di kawasan Margonda Rabu (17/7/2024)

Ia menyebutkan, bahwa ada tiga unsur yang perlu diberikan kepada para siswa, yakni Literasi, Lemunarasi, dan Karakter. Maka, dari masing-masing materi itu, antara lain ada yang dimiliki oleh para jurnalis, salah satunya adalah literasi.

“Untuk itu, pihaknya melibatkan teman-teman dari PWI guna memberikan materi tentang literasi tersebut,” ucap Sutarno.

Dijelaskannya, bahwa dalam pengajaran tambahan bidang jurnalistik yang dibawakan langsung oleh praktisi pers anggota PWI yang memiliki kompetensi, sudah pasti dapat meningkatkan kemampuan literasi siswa.

” Nah, dengan kemampuan mengolah informasi dan pengetahuan jelas positif bagi siswa selama menempuh pendidikan di sekolah. Bahkan, dari
keterampilan jurnalistik tersebut, siswa akan semakin getol membaca dan menulis, selain meningkatkan daya observasi peserta didik’ terangnya seraya menambahkan pihak Disdik lsegera mencari format terbaik untuk mewujudkan ide pelaksanaan ekstrakulikuler jurnalistik ini,

Ditempat yang sama Rusdy Nurdiansyah, selaku Ketua PWI Kota Depok, membenarkan, bahwa dengan keterlibatan PWI dalam kegiatan MPLS ini merupakan bagian dari program Pengabdian Masyarakat.

“Artinya, ini bagian dari program Pengabdian Masyarakat. PWI Kota Depok terpanggil untuk memberikan kontribusi positif bagi dunia pendidikan untuk mendorong siswa gemar menulis dan paham tentang dasar-dasar etika jurnalistik. Ini akan mendorong siswa menjadi pembaca yang kritis dan cerdas dalam berliterasi digital tentunya, terutama harus bijak bermedsos,” imbuh
penerima Kartu Pers Utama atau Kartu Pers Number One (PCNO), dari Presiden RI itu.(**/ Lucy )